Tips Cara Cek DA & PA Website

By | April 1, 2022
Spread the love

Mengetahui performa website menjadi hal yang sangat penting karena hari ini tergantung dari traffic organik. Untuk mengetahui performa website, cara yang dapat dilakukan yaitu dengan cek Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA).

Ranking website pada mesin pencarian sangat dipengaruhi oleh DA dan PA. Oleh karenanya, dengan mengecek dap maka kamu dapat mengetahui skor otoritas dari sebuah website. Jika nilainya semakin tinggi, kualitasnya pun semakin bagus.

Pengertian Domain Authority

Domain Authority merupakan skor untuk mengetahui prediksi peluang ranking website pada search engine. Namun perlu diingat bahwa skor tersebut bukanlah tolak ukur resmi, melainkan prediksi.

Metrik ini sengaja dikembangkan oleh MOZ untuk mengetahui nilai secara keseluruhan dari suatu domain. Dengan demikian maka akan lebih mudah untuk memperkirakan peluang bagi situs tersebut muncul pada SERP.

Skala skor DA yaitu berkisar 1 – 100, yang mana skor tersebut berbanding lurus dengan peluang suatu website untuk menduduki rangking teratas di SERP. Jadi semakin tinggi skor DA, semakin tinggi juga peringkat website di sebuah mesin pencari.

Pengertian Page Authority

Page Authority merupakan skor yang digunakan untuk menghitung ranking sebuah halaman di suatu website. Skala skor pada PA yaitu antara 1 – 100. Skor tersebut juga berbanding lurus dengan peringkat halaman di sebuah website.

Jadi, semakin tinggi skor PA suatu halaman, maka semakin tinggi juga peringkat halaman pada website. Dengan demikian, maka web developer akan lebih mudah untuk menganalisisnya.

Cara Mengecek DA dan PA Pada Website

Bagi para web developer maupun digital marketer, tentu sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara melakukan pengecekan DA PA website. Cara pengecekannya sangatlah mudah karena dapat memanfaatkan situs penyedia layanan domain checker dan SEO tools. Berikut ini merupakan beberapa situs yang dapat digunakan untuk cek DA PA.

  1. Website SEOChecker

Langkah-langkah untuk cek DA PA website melalui situs ini adalah sebagai berikut.

  • Bukalah website resmi SEOChecker
  • Pada bagian kiri laman, geser ke bawah dan temukan menu Page Authority Checker, lalu pilih
  • Masukkan domain DA PA yang akan dicek pada kolom yang tersedia
  • Checklist kotak ‘Im not a robot’, kemudian klik Check
  • Hasil skor DA PA dan metrik akan langsung disajikan
  1. MOZ Checker

Situs ini dapat melakukan pengecekan DA PA, tetapi harus melakukannya satu per satu, tidak bisa sekaligus. Meskipun demikian, hasilnya pun lebih detail. Berikut ini merupakan langkah-langkahnya.

  • Bukalah website resmi MOZ Checker untuk Domain Analysis
  • Masukkan domain di kolom yang tersedia, lalu klik Analyse Domain
  • Skor DA, ranking keyword, spam score, dan linking root domain akan langsung terlihat
  • Untuk mengetahui hasil lebih detail, geser ke bawah
  • Untuk cek PA, lakukan langkah yang serupa pada website MOZ Checker untuk Page Analysis
  1. Website Ahrefs

Ahrefs menyediakan SEO tools untuk melakukan pengecekan DA PA. Hanya saja kelainan ini dapat digunakan dengan lengkap hanya jika berlangganan.

Skor DA PA pada layanan ini ditunjukkan dengan istilah URL Rating (UR) dan Domain Rating (DR). Berikut merupakan langkah-langkahnya.

  • Bukalah website resmi Ahrefs
  • Masukkan domain pada kolom yang tersedia
  • Pilih Check Website Authority
  • Centang di kotak “I’m not robot”
  • Hasil skor DA PA akan langsung ditampilkan dengan detail beserta backlink dan linking website.

Cara Meningkatkan DA dan PA Website

Setelah mengetahui beberapa cara untuk mengetahui hasil skor DA & PA, selanjutnya kamu perlu mengetahui bagaimana cara untuk meningkatkan skor keduanya. Berikut ini merupakan beberapa tips untuk dapat meningkatkan skor DA dan PA website.

  • Optimasi SEO On-Page

Pondasi dari sebuah website berkualitas ya itu ada pada optimasi SEO on-page. Hal ini pun menjadi salah satu pendukung bagi Google untuk menempatkan domain di posisi teratas pada search engine. Cara ini akan lebih memudahkan mesin pencari untuk mengidentifikasi website kamu, apakah isinya sudah relevan dengan permintaan pengguna atau belum.

  • Optimasi SEO Off-Page

Optimasi SEO off-page mengutamakan berbagai hal eksternal di luar website. Ada beberapa faktor yang dapat mendukung kualitas SEO off-page antara lain adalah review, engagement rating, listing bisnis, dan brand mention di media sosial.

  • Optimasi Technical SEO

SEO on-page dan off-page dapat berhasil apabila pondasi keduanya juga baik, yakni optimasi pada Technical SEO. Hal ini lebih menjurus terhadap struktur dasar dari website. Jika struktur website teratur, maka search engine boots tentunya lebih mudah untuk mengindekskan website sehingga lebih memungkinkan tampil di halaman utama mesin pencari.

Jadi, apabila ada pengguna yang mencari keyword tertentu di mesin pencari, maka halaman website kamu akan tampil teratas. Demikianlah informasi seputar cara cek DA & PA pada website. Kamu perlu mengetahui beberapa hal tersebut supaya websitemu memiliki traffic organik yang tinggi.