Panduan Iklan di TikTok Ads untuk Bisnismu

By | April 24, 2022
Spread the love

Indian mobile users browses through the Chinese owned video-sharing ‘Tik Tok’ app on a smartphones in Amritsar on June 30, 2020. – TikTok on June 30 denied sharing information on Indian users with the Chinese government, after New Delhi banned the wildly popular app citing national security and privacy concerns.
“TikTok continues to comply with all data privacy and security requirements under Indian law and have not shared any information of our users in India with any foreign government, including the Chinese Government,” said the company, which is owned by China’s ByteDance. (Photo by NARINDER NANU / AFP) (Photo by NARINDER NANU/AFP via Getty Images)

TikTok merupakan salah satu platform sosial media yang digunakan oleh banyak orang. Tidak heran jika platform sosial media ini berpotensi untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Bahkan tidak sedikit para pegiat digital marketing yang memasang iklan di TikTok melalui digital agency.

Keuntungan tersebut bisa didapatkan melalui pasang iklan di TikTok. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai cara memasang TikTok Ads dan beberapa hal lainnya.

Apa Itu TikTok Ads?

TikTok ads merupakan perangkat yang memiliki fitur ad creation, targeting, ad management, dan insight report bagi para content creator. Sebenarnya tidak hanya content creator saja, karena para digital marketer juga dapat memanfaatkan tools tersebut untuk mempromosikan brand produk bisnis yang dijalankan. Saat ini, TikTok ads memberikan dua pilihan budgeting, yaitu harian dan seumur hidup.

Adanya tool tersebut dapat membantu kamu untuk mengatur anggaran. Kamu akan lebih mudah untuk mengatur anggaran dalam mengelola badan usaha yang dijalankan. Bahkan tool ini dapat membantu kamu untuk mengidentifikasi audiens berdasarkan lokasi, usia, gender, minat, dan variabel lainnya di TikTok

Macam-Macam TikTok Ads

Ada 5 jenis iklan yang biasanya dijumpai di platform TikTok dengan karakteristik yang berbeda.

  1. In-Feed Video

Jenis iklan ini yaitu iklan produk yang ditampilkan pada FYP TikTok. Misalnya kamu sedang menonton video di FYP, setelah beberapa kali scroll ke bawah, kamu menemukan iklan brand tertentu.

Iklan tersebut telah yang disebut sebagai in-feed video, yaitu iklan yang ditampilkan bercampur dengan video lainnya.

  1. Brand Takeover

Jenis iklan Brand Takeover menampilkan iklan yang muncul pertama kali saat aplikasi TikTok dibuka. Tampilan iklan ini berdurasi kurang lebih 5 detik dalam mode full screen.

Jika ingin menggunakan jenis iklan ini usahakan untuk menyampaikan informasi secara singkat dan jelas mengingat durasi waktu yang pendek. Pengguna TikTok juga dapat skip iklan tersebut.

  1. Hashtag Challenge

Hashtag Challenge menjadi salah satu hal yang melekat erat pada video TikTok. Pada dasarnya, kata yang diberi tanda hastag merupakan tantangan tema yang harus dibuat video.

Selain untuk meramaikan konten, hashtag juga dapat digunakan untuk memasang iklan. Hanya saja iklan jenis hashtag challenge akan disajikan di halaman Discovery.

  1. Branded Augmented Reality

Jenis TikTok ads selanjutnya adalah Branded Augmented Reality (AR), di mana kamu dapat menawarkan stiker dan filter buatan sendiri. Jenis iklan ini sangat efektif untuk meraup keuntungan karena sebagian besar pengguna TikTok menggemari filter dan stiker.

  1. TopView Ads

Jenis iklan ini yaitu iklan yang akan ditampilkan sebagai video pertama pada feeds para pengguna TikTok. Biasanya jenis iklan ini digunakan oleh brand perusahaan besar dengan tujuan untuk meningkatkan brand awareness.

Keuntungan Membuat TikTok Ads

Saat ini memang ada banyak platform sosial media yang digemari oleh banyak orang untuk memasang iklan. Namun eksistensi TikTok saat ini penyanyi platform sosial media lainnya yang sudah ada sebelumnya.

Berikut ini merupakan beberapa alasan mengapa memasang iklan di TikTok itu menguntungkan.

  • Rating Engagement Lebih Tinggi

Di Indonesia sendiri, lebih dari 22 juta pengguna aktif TikTok per bulannya. Setiap pengguna TikTok rata-rata menghabiskan waktu sekitar 50 menit per hari untuk menggunakan aplikasi ini. Tidak heran jika digital agency saat ini banyak menangani perihal periklanan di TikTok ads.

Hal ini tentunya memberikan kesempatan dan peluang bagi kamu yang ingin memasang iklan. Rating engagement TikTok berkisar 5-9%, di mana angka ini dinilai lebih tinggi dari Instagram.

  • Tingkat Popularitas Tinggi

Meskipun merupakan platform sosial media baru tetapi popularitas TikTok saat ini nomor satu. Pasalnya, TikTok merupakan aplikasi yang paling banyak diunduh oleh orang-orang di seluruh dunia.

Melihat popularitas TikTok yang tinggi, tentunya membuka kesempatan bagi kamu untuk memasang iklan. Dengan demikian maka strategi marketing melalui TikTok akan lebih luas dalam menjangkau target pasar.

  • Sering Menjadi Trend

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini banyak sekali hal-hal yang viral melalui TikTok. Misalnya makanan, lagu, fashion, lifestyle, aktivitas, dan lain sebagainya.

Hal ini tentunya dapat menjadi pertimbangan bagi kamu untuk memasang iklan produk bisnis dengan TikTok ads. Namun kamu perlu mengetahui target pasar, siapa saja pengguna TikTok mayoritas.

Cara Membuat TikTok Ads

Setelah mengetahui beberapa hal di atas, selanjutnya kamu perlu mengetahui cara membuat TikTok ads. Simaklah panduan membuat TikTok ads berikut ini.

  1. Buatlah Akun TikTok for Business

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memiliki akun TikTok for bussiness terlebih dahulu. Akun ini digunakan untuk mengelola berbagai video iklan yang ditayangkan. Supaya memudahkannya, digital agency siap menanganinya.

Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk membuat akun TikTok for Business.

  • Kunjungi halaman TikTok ads, klik “Memulai”
  • Jika sudah memiliki akun TikTok, login menggunakan akun tersebut, tetapi jika belum maka perlu membuat akun TikTok terlebih dahulu
  • Lengkapi informasi bisnis untuk mendaftar
  1. Buat Campaign Iklan

Pada halaman dasbor, pilih “Creat an Ad”. Jika sudah diarahkan pada halaman berikutnya, pilih “Custom Mode” di bagian kanan atas. Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Campaign

Dalam hal ini, kamu perlu pilih dua hal, yakni Advertising Objective dan dan Setting. Berikut merupakan penjelasan yang terdapat pada Advertising Objective dan Setting

Advertising Objective

Reach: jika ingin menjangkau akun seluas-luasnya, pilihlah Reach. Biasanya ini digunakan saat kamu ingin membangun brand awareness.

Traffic: untuk meningkatkan traffic, kamu dapat mengarahkan para pengguna TikTok untuk mengunjungi website atau mobile app.

App Installs: melalui iklan ini, kamu dapat mengajak para pengguna untuk instal aplikasi kamu.

Video Views: jika kamu ingin meningkatkan jumlah tayangan iklan dalam format video dengan durasi 2 sampai 6 detik.

Lead Generation: mungkinkan kamu mengumpulkan seluruh data pengguna TikTok. Sistem akan merekomendasikan sesuai tujuan iklan untuk jenis bisnis yang relevan, misalnya hiburan, otomotif, pendidikan, gaming, dan lain-lain.

Conversions: ini digunakan untuk para pengguna registrasi akun, membeli produk di website, dan ikut penawaran kamu. Dalam hal ini, conversion dapat menjadikan audiensi menjadi pelanggan.

Setting

Campaign Name: menentukan nama campaign yang dibuat

Create Split Test: iklan yang digunakan untuk split tes riset pasar sehingga dapat mengklasifikasikan iklan pada sebuah Ad Group.

Budget: besarnya biaya untuk campaign.

Apabila telah selesai, klik “Continue” pada bagian kanan bawah.

  • Ad Group

Ad Group dibuat dengan tujuan membedakan beberapa iklan yang ada di satu campaign. Biasanya cara ini digunakan untuk melakukan split test dan hal-hal lain seperti untuk membedakan lokasi target audience. Selain itu, hal-hal lainnya juga dapat kamu atur misalnya penempatan iklan, jenis promosi, dan budget.

  • Ad

Ad merupakan bagian yang mengatur iklan yang hendak disajikan. Dalam hal ini, kamu dapat memilih konten manapun, tetapi harus dimulai dari nol seperti penentuan nama iklan, rincian, dan cara melacak laporan iklan. Kamu juga perlu memahami beberapa menu yang terdapat di Ad.

Itulah panduan seputar iklan TikTok ads untuk meningkatkan bisnis yang dijalankan. Untuk lebih mudah memasang iklan di TikTok ads, digital agency dapat membantu kamu melakukannya dengan hasil maksimal.