Apa itu Social Media Marketing?

By | April 3, 2022
Spread the love

Sosial media merupakan platform yang saat ini digunakan oleh banyak orang untuk membagikan berbagai aktivitas sehari-hari mereka. Namun ternyata, peran sosial media saat ini sangat signifikan dalam hal bisnis. Pasalnya, kini marketing dapat dilakukan dengan mudah melalui sosial media dengan strategi promosi yang lebih efektif.

Pengertian Social Media Marketing

Social media marketing adalah suatu aktivitas pemasaran dalam bisnis barang maupun jasa yang dilakukan melalui platform media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Melalui sosial media marketing target konsumen pun akan tercapai lebih mudah dan jangkauannya lebih luas.

Social media marketing juga merupakan strategi untuk menciptakan reputasi perusahaan sekaligus membangun kedekatan dengan konsumen. Dengan cara ini, tentunya akan lebih mudah untuk mengenalkan bisnis keseluruhan kepada calon konsumen.

Artinya, aktivitas dalam social media marketing tidak hanya berpaku pada promosi produk saja tetapi juga membangun brand awareness bagi konsumen. Tidak heran jika ada banyak konten yang dikreasikan terkait dengan bisnis dan produk.

Alasan Menggunakan Social Media Marketing

Melalui pemasaran digital memang dapat meningkatkan online presence pada bisnis yang dijalankan. Namun ternyata, manfaat yang didapatkan lebih dari itu. Berikut ini beberapa manfaat dalam menggunakan sosial media marketing.

  • Meningkatkan Brand Awareness

Mengenalkan bisnis kepada calon pelanggan merupakan tujuan utama dari upaya pemasaran yang dilakukan, termasuk strategi social media marketing. Melalui cara ini ada banyak keuntungan yang didapatkan dibandingkan metode pemasaran konvensional.

Dengan memanfaatkan sosial media sebagai platform pemasaran, tentunya akan menjangkau lebih banyak target tanpa menghabiskan banyak waktu dan uang untuk promosi.

Jika konten bisnis di sosial media semakin sering ditonton, maka brand awareness pada bisnis akan semakin terbentuk. Dan jangan lupa apa untuk tetap menggunakan gaya visual yang serupa di berbagai sosial media untuk meningkatkan brand awareness bisnis yang dijalankan.

  • Efektif dan Efisien

Social media marketing merupakan strategi pemasaran yang sangat efektif dan efisien dibandingkan pemasaran konvensional atau offline. Jangkauan pasarnya pun lebih luas untuk mendapatkan target konsumen.

Selain itu, dari segi biaya pun jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan promosi konvensional melalui TV atau media yang sejenis. Melalui social media marketing juga lebih mudah untuk menentukan karakter konsumen secara spesifik seperti jenis kelamin, lokasi, usia, dan minat.

  • Membangun Hubungan Baik Dengan Pelanggan

Konsep sosial media marketing tidak sebatas untuk meningkatkan aktivitas jual beli. Lebih dari itu, melalui ini juga bisa membangun hubungan baik dengan pelanggan. Pasalnya, di era digital saat ini strategi daerah selling dinilai kurang efektif untuk tujuan penjualan.

Dalam hal ini, social media marketing merupakan strategi soft selling secara implisit untuk mempromosikan produk dengan cara menampilkan hal yang menarik di sosial media.

  • Membuka Peluang Social Listening

Social listening adalah upaya pemantauan percakapan sebuah topik pada konteks sosial. Cara ini dapat dengan mudah untuk membantu mengetahui apa saja yang diperbincangkan target audiens sehingga dapat menyimpulkan apa kebutuhan mereka.

Melalui social listening, tentunya akan lebih mudah mengetahui masalah apa saja yang dihadapi oleh target audience. Selanjutnya, konten yang dibuat dalam social media marketing berkaitan dengan penyelesaian dari masalah tersebut.

Platform Social Media Marketing

Ada banyak pilihan media sosial yang dapat digunakan untuk marketing bisnis. Perlu diketahui bahwa media sosial mempunyai preferensi tipe pengguna dan konten yang berbeda-beda. Berikut ini beberapa platform sosial media yang dapat digunakan untuk promosi bisnis.

  • Instagram

Instagram adalah media sosial yang menampilkan foto dan video sehingga sangat cocok dijadikan sebagai platform marketing. Konten yang dibuat dalam Instagram adalah konten dengan aspek visual yang ditonjolkan.

  • Facebook

Ada banyak fitur yang mendukung Facebook Page, Facebook Ads, dan fitur monetisasi konten video. Dapat dikatakan bahwa Facebook merupakan sosial media yang populer hingga saat ini dan tidak pernah lekang oleh waktu. Bahkan Facebook menaungi dua platform media sosial besar lainnya, yakni WhatsApp dan Instagram.

  • YouTube

YouTube merupakan salah satu platform social media marketing yang cukup efektif. Konten pemasaran yang disajikan melalui YouTube yaitu konsep video sharing. Platform ini memberikan peluang besar bagi para pebisnis untuk memiliki channel content marketing dengan video durasi panjang.

  • TikTok

Meskipun terbilang baru, TikTok merupakan platform video sharing yang paling populer saat ini. Bahkan penggunanya sudah lebih dari ratusan juta orang di berbagai negara di dunia. Strategi marketing menggunakan sosial media TikTok terbukti efektif dan efisien, karena saat ini banyak orang yang lebih menyukai video pendek.

  • Twitter

Perbedaannya dengan platform sosial media marketing sebelumnya, Twitter lebih cenderung digunakan sebagai media untuk mengembangkan personal branding suatu produk bisnis. Selain itu, platform ini juga digunakan sebagai media customer service. Hal ini terjadi karena sebagian besar konten Twitter berbasis teks dan audio.

Dalam meningkatkan promosi produk bisnis, strategi social media marketing menjadi cara yang sangat tepat. Konsep ini merupakan cara promosi yang efektif dan efisien dengan memanfaatkan media digital.